Monday, March 25, 2019

Penyebab Kebakaran Hutan yang Sering Terjadi, Rusak Habitat Alam

Salah satu kasus kebakaran hutan yang melanda di Indonesia baru-baru ini seperti kebakaran hutan yang melanda di Riau. Kebakaran hutan di Riau bahkan melebar hingga seluas 858 hektare. Hutan dan kawasan gambut di Riau yang terbakar membuat para petugas gabungan mengalami kesulitan untuk memadamkan api.

Kesulitan memadamkan api diakibatkan oleh luasnya lahan dan tiupan angin yang kencang pada kawasan hutan yang terbakar tersebut. Hutan yang terbakar itu berlokasi di kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau.

Selama empat hari berturut-turut petugas gabungan terus melakukan upaya pemadaman di sejumlah titik api yang masih bermunculan. Petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri ini mengaku sulitnya memadamkan karena hampir 858 hektare luasnya yang terbakar.

Penyebab kebakaran hutan di Riau yang sebagian besar membakar lahan gambut tersebut salah satu contoh penyebab kebakaran hutan yang diakibatkan oleh ulah manusia. Manusia dengan sengaja membakar kawasan hutan yang berada di Riau tersebut.

Sebelumnya, petugas mengalami kesulitan memadamkan api. Selain karena luasnya kawasan yang terbakar, sumber air menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi. Petugas BNBP bahkan membuat hujan buatan dan telah disebarsetidaknya 1,8 ton garam pada kawasan hutan yang terbakar.

Kebakaran hutan tak hanya merugikan hutan karena kehilangan fungsinya sebagai paru-paru dunia, namun juga memberikan dampak asap yang ditimbulkan oleh kebakaran itu sendiri. Asap menjadi polusi udara yang mengganggu sistem pernapasan. Tak heran jika kebakaran hutan terjadi, banyak masyarakat yang mengeluh sesak napas akibat turunnya kualitas udara bersih di kawasan tersebut. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3925663/penyebab-kebakaran-hutan-yang-sering-terjadi-rusak-habitat-alam
Share:

0 Comments:

Post a Comment