Sunday, March 24, 2019

Pengertian Tanda Tangan Digital dan Cara Membuatnya di Android

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa fungsi tanda tangan sangatlah beragam. Misalnya, sebagai bukti verifikasi persetujuan yang tidak bisa diwakilkan oleh siapapun. Persetujuan yang membutuhkan tanda tangan pun dapat berupa kepentingan bisnis, pendidikan, maupun kerjasama instansi tertentu.

Bahkan, pada saat membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) pun, seseorang harus membubuhkan tanda tangannya yang tidak boleh diubah saat digunakan di lain kesempatan. Maka tak heran jika setiap orang harus memiliki tanda tangan sebagai identitas diri, baik itu berupa tanda tangan konvensional ataupun digital.

Mungkin tanda tangan konvensional sudah umum ditemui dan sangat mudah untuk membuatnya. Namun, berbeda dengan tanda tangan digital. Tidak sedikit orang yang belum begitu paham mengenai cara membuat tanda tangan digital. Ditambah, banyak aplikasi di luar sana yang belum pasti menyediakan keamanan yang terpercaya untuk tanda tangan digital Anda.

Menanggapi masalah tersebut, perusahaan penyedia identitas tanda tangan digital, Privy Identitas Digital (PrivyID) secara resmi telah mengantongi otoritas untuk menerima pendaftaran, memverifikasi, serta menerbitkan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik bagi warga Indonesia.

Anda bisa gunakan aplikasi PrivyID yang tersedia di Playstore untuk membuat tanda tangan digital yang aman. Untuk membuat akun PrivyID, pengguna diharuskan untuk mengisi data pribadi seperti Nomor Induk Keluarga (NIK), alamat email, dan nomor telepon, serta  mengunggah foto diri dan foto e-KTP untuk penerbitan tanda tangan digital bersertifikat.

Data-data tersebut juga akan diverifikasi dan dipetakan kembali secara unik oleh PrivyID. Contohnya, data NIK pengguna akan langsung dicocokkan dengan data yang dimiliki pemerintah. Selain itu, PrivyID juga membekali para usernya dengan kunci keamanan ganda. Ketika user ingin menandatangani dokumen, wajib menggunakan ID dan one time password.

Yang menjadi kelebihan PrivyID yaitu data penggunanya terjamin melalui sertifikasi dari lembaga-lembaga internasional, seperti International Organization for Standardization (ISO) dan International Elecrotechnical Commission (IEC).

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3920688/pengertian-tanda-tangan-digital-dan-cara-membuatnya-di-android
Share:

0 Comments:

Post a Comment