Monday, September 24, 2018

Mau Beli Mobil Listrik, Berapa Daya Listrik Rumah Minimal buat Cas Baterai?

Liputan6.com, Jakarta - EQ Power Charging yang merupakan salah satu fasilitas pengisian daya untuk mobil listrik dari Mercedes-Benz dipasang pertama kali di salah satu area parkir di Plaza Indonesia, Jakarta.

Fasilitas pengisian daya berbentuk wallbox ini diklaim mampu mengisi daya baterai hingga penuh dan cepat, yaitu hanya sekitar 30 menit.

Namun pertanyaan timbul, apakah wallbox listrik ini bisa diterapkan di rumah?

Menurut Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Bend Distribution Indonesia Hari Arifianto, untuk melakukan pengecasan di rumah tak perlu menggunakan wallbox.

“Kalau pasang wallbox kaya gini (di parkiran Plaza Indonesia) tidak bisa pakai di rumah dan pasti sama pihak ketiga yang pasangin. Kemudian diatur ulang kelistrikannya dan dayanya di ambil langsung dari line utama, engga mungkin ambil dari sistem kelistrikan rumah,” jelas Hari saat ditemui wartawan di kawasan Plaza Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Hari juga menyatakan, harga wallbox jika dipasang di rumah dipastikan sangat cukup mahal. Sebab, Mercedes-Benz sendiri harus mengeluarkan biaya Rp 18 juta untuk satu wallbox. Dan itu belum pemasangan, sewa lahan, dan lain halnya.

“Kalau lewat pihak ketiga mungkin bisa lebih mahal juga karena ada ongkos pasang. Sama seperti beli AC. Jadi sayang kalau harus keluarkan Rp 18 juta hanya untuk cas saja,” katanya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3651556/mau-beli-mobil-listrik-berapa-daya-listrik-rumah-minimal-buat-cas-baterai
Share:

0 Comments:

Post a Comment