Tuesday, September 25, 2018

Macam-Macam Sholat Sunnah, Mulai dari Sholat Rawatib, Hingga Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat

Berikut deretan macam-macam sholat sunnah yang bisa Anda kerjakan sesuai waktu dan kebutuhan Anda. Dilansir dari Islamidia, berikut ulasannya.

1. Sholat wudlu

Sholat Wudlu adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan seusai wudlu.

2. Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjaan ketika masuk masjid, sebelum Anda duduk. Sholat tahiyatul merupakan sholat untuk menghormati mesjid.

3. Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunnah dua sampai 12 rakaat yang dikerjakan ketika matahari telah naik.

4. Sholat Rawatib

Sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang dikerjakan mengiringi sholat fardhu atau sholat wajib. Terdapat dua macam sholat rawatib, yakni sholat rawatib qabliyah yang dikerjakan sebelum sholat fardhu, atau Ba'diyyah yang dikerjakan setelahnya.

5. Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan di waktu malam. Sebaiknya dilakukan di sepertiga malam terakhir dan sesudah kita terlelap sebelumnya. Sholat sunnah ini minimal dilakukan 2 rokaat.

6. Sholat Istikharah

Sholat istikharah adalah sholat sunnah dua rokaat untuk meminta petunjuk yang baik jika kita sedang dihadapkan dengan dua pilihan. Waktu yang baik untuk melakukan sholat sunnah ini adalah dua per tiga malam terakhir.

7. Sholat Hajat

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon agar hajat kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dilakukan minimal 2 rokaat dan maksimal 12 rokaat dengan salam tiap 2 rokaat.

8. Sholat Mutlaq

Sholat mutlaq adalah sholat sunnah yang tidak memiliki kaidah waktu pengerjaan dan tidak memiliki sebab untuk dilakukan. Jumlah rokaatnya pun tidak dibatasi.

9. Sholat Taubat

Sholat sunnah adalah sholat yang dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada Allah SWT.

10. Sholat tasbih

Sholat tasbih adalah sholat sunnah sebanyak 4 rokaat yang dikerjakan pada siang hari dengan satu salam, atau malam hari dengan 2 salam.

Sholat tasbih memiliki tata cara yang agak berbeda dengan sholat biasa, karena tiap gerakan diselingi bacaan tasbih sebanyak 10 kali atau 15 kali dengan total bacaan tasbih tiap sholatnya berjumlah 75.

11. Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunnah sesudah isya yang dilakukan pada bulan Ramadan.

12. Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat sunnah muakkad atau dianjurkan yang dirangkaikan sebagai penutup sholat tarawih.

13. Sholat Hari Raya

Sholat hari raya adalah sholat sunnah yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri 1 Syawal dan Idul Adha 10 Dzulhijah. Hukum dari sholat hari raya adalah sunnah muakkad atau dianjurkan.

14. Sholat Khusuf

SHolat khusuf adalah sholat sunnah yang dilakukan saat terjadi gerhana matahari atau bulan. Sholat sunnah ini dikerjakan minimal dua rokaat.

15. Shalat Istiqa

Sholat istiqa adalah sholat sunnah yang ditujukan untuk meminta hujan kepada Allah.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3651972/macam-macam-sholat-sunnah-mulai-dari-sholat-rawatib-hingga-sholat-sunnah-sebelum-sholat-jumat
Share:

0 Comments:

Post a Comment