Tuesday, September 25, 2018

Hadir di Pelantikan, Bupati Tulungagung Langsung Dinonaktifkan

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Tulungagung terpilih hasil Pilkada 2018 Syahri Mulyo hadir dalam pelantikannya. Syahri yang sudah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berdampingan dengan Wakil Bupati Maryoto Birowo.

Usai dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Pakde Karwo, Syahri langsung dinonaktifkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Sebagai gantinya, Wakil Bupati Maryoto Birowo ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung.

"Kemendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Plt kepada wakil bupati terpilih," ucap Tjahjo di kantornya, Selasa (25/9/2018).

Usai dilantik, Tjahjo menuturkan, apa yang dilakukannya sudah sesuai undang-undang.

"Sesuai undang-undang, bahwa kepala daerah atau wakil kepala daerah yang mempunyai masalah hukum, walaupun ditahan, tetapi belum mempunyai kekuatan hukum tetap, tetap dilantik, sebagaimana yang lalu," jelas Tjahjo.

Dia menuturkan, agar pemerintahan tidak kosong, dirinya mengeluarkan putusan menyerahkan kepada wakil bupati untuk melaksanakan tugas sehari-hari.

"Sampai kapan? Sampai bupati terpilih ini punya hasil kekuatan hukum tetap dari proses persidangan Tipikor nanti. Jadi kami menunggu sampai kekuatan hukum tetap, karenanya Plt itu Wakil Bupati," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3652046/hadir-di-pelantikan-bupati-tulungagung-langsung-dinonaktifkan
Share:

0 Comments:

Post a Comment