Monday, September 24, 2018

Hadir di Sidang Umum PBB, Ini Isu yang Akan Dibahas Donald Trump

Liputan6.com, New York - Pekan ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan kembali menghadiri Sidang Majelis Umum PBB. Ini juga menjadi kali kedua Trump hadir dalam forum tertinggi multilateral tersebut, di mana terakhir kali, ia melontaran retorika keras terhadap sejumlah isu, mulai dari Iran hingga Korea Utara.

Banyak yang mulai menimbang-nimbang tentang apa yang akan dibicarakan oleh Trump, mengingat, telah banyak perubahan yang terjadi pada peta per-politikan luar negeri saat ini. Mulai dari, mencairnya hubungan diplomatik Korea Utara dengan dunia, meruncingnya konflik Israel-Palestina dan Suriah, perang dagang AS-China, serta banyak isu krusial lain.

America First, Perang Dagang hingga Perjanjian Multilateral

Dalam Sidang Majelis Umum PBB tahun ini, Trump diperkirakan akan menekankan dedikasinya terhadap kebijakan 'America First' dan keunggulan kepentingan AS saat bersaing dengan sekutu Barat untuk keuntungan dalam perdagangan. Ini juga termasuk pada bagaimana AS menerapkan 'kebijakan perang dagang' dengan mengencangkan tarif komoditas impor atas China sebagai salah satu contoh paling signifikan.

Ia juga diperkirakan akan membahas sejumlah keputusan kontroversialnya yang menarik AS keluar dari sejumlah perjanjian dan organisasi multilateral, seperti Kesepakatan Nuklir Iran (JCPOA), Kesepakatan Iklim Paris, Dewan HAM PBB, dan Badan PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA).

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sebelum melakukan pertemuan di resor Mar a Lago, Florida, Kamis (6/4). Isu perdagangan dan Korea Utara diperkirakan menjadi isu utama pembahasan kedua pemimpin negara tersebut. (AP Photo/Alex Brandon)

Trump juga diperkirakan akan mengungkit kembali pandangannya yang mengkritik multilateralisme, termasuk, organisasi multilateral seperti PBB, G-7 dan NATO.

Telah lama menjadi figur yang mengkritik PBB, Trump mengirimkan peringatan sebelum kedatangannya dengan menyatakan bahwa badan dunia itu "tidak beroperasi sesuai dengan potensinya".

"Selalu mengejutkan bagi saya bahwa lebih banyak hal yang tidak terselesaikan," kata Trump dalam pesan video akhir pekan menyinggung soal PBB.

"Anda memiliki semua negara ini berkumpul di satu lokasi tetapi tampaknya tidak ada masalah yang terselesaikan. Saya pikir waktunya akan tiba," tambah Donald Trump.

Menyikapi, namun tanpa menyebut nama, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres baru-baru ini mengatakan bahwa "multilateralisme sedang diserang dari berbagai arah yang berbeda tepat ketika kita sangat membutuhkannya." Dia mengatakan akan menggunakan pertemuannya untuk menekan komitmen baru untuk tatanan global yang "berbasis aturan" dan "kepada PBB".

Simak video pilihan berikut:

Berikut Agenda yang akan dibahas oleh AS dalam Sidang Umum PBB ke-72 di New York.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3651435/hadir-di-sidang-umum-pbb-ini-isu-yang-akan-dibahas-donald-trump
Share:

0 Comments:

Post a Comment