Thursday, October 25, 2018

Papua Masih Cari Komisioner KPU Untuk Pemilu 2019

Liputan6.com, Papua - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua belum merampungkan seleksi calon Komisioner KPU Pemilu 2019 di 29 kabupaten/kota yang telah dimulai sejak Agustus 2018. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay.

Ia mengatakan, sebelum seleksi calon komisioner KPU tingkat kabupaten/kota dimulai, terlebih dahulu dilakukan pengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan letaknya.

Menurutnya, terdapat tiga kelompok kabupaten/kota, yakni kelompok pertama yang mencakup 13 kabupaten/kota, kelompok kedua ada tujuh kabupaten, dan kelompok ketiga meliputi sembilan kabupaten.

"Jadi, sejak Agustus 2018 hingga kini, sedang dilakukan perekrutan calon Komisioner KPU di 29 kabupaten/kota yang dikelompokkan dalam tiga bagian," ujar Theodorus, seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/10/2018).

Theodorus memaparkan, seleksi calon komisioner pada kelompok pertama yang mencakup 12 kabupaten dan satu kota sudah berlangsung sejak dua bulan lalu dan kini telah memasuki masa tes uji kepatutan dan kelayakan.

"Sebanyak 13 kabupaten/kota itu diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Lanny Jaya, Dogiyai, Asmat Merauke dan Mamberamo Tengah. Sementara pada kelompok kedua yang mencakup tujuh kabupaten sudah masuk tahapan tes kesehatan," paparnya.

Sedangkan, lanjut dia, seleksi untuk kelompok ketiga yang meliputi sembilan kabupaten akan segera dimulai.

"Saya berharap kepada warga NKRI yang memilki integritas, profesionalisme, dan memiliki netralitas silahkan mendaftar dan ikuti proses," kata Theodorus.

Karena, menurutnya, Pemilu bisa berjalan dengan baik dan benar jika memiliki Komisioner KPU yang bersih, demokratis, dan berkualitas.

"Pemilu bisa aman dan damai jika penyelenggaranya berintegritas, profesional, dan netral. Karena itu untuk periode ini, ke depan kita membutuhkan orang-orang yang memiliki pengamalan dan pengetahuan tentang kepemiluan dengan integritas yang baik pula serta mengedepankan profosinalisme dan netralitas," tutur Theodorus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

KPU pastikan debat calon presiden dan wakil presiden tak dilakukan di kampus.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/pileg/read/3676205/papua-masih-cari-komisioner-kpu-untuk-pemilu-2019
Share:

0 Comments:

Post a Comment