Thursday, October 25, 2018

Melihat Langsung Perakitan Smartphone di Pabrik Oppo Tiongkok

Liputan6.com, Guangdong - Terletak di Kota Dongguan, Guangdong, Tiongkok berdiri pabrik perusahaan OPPO. Pabrik ini merupakan pusat dibuatnya telepon genggam OPPO dari bahan dasar hingga berwujud smartphone yang siap pakai.

Berdiri di atas lahan seluas 200 ribu hektare, pabrik ini mempekerjakan 10 ribu orang. Pabrik OPPO di Dongguan ini mulai beroperasi pada tahun 2004 dan mulai dikembangkan pada 2015.

Lalu, bagaimana sebuah smartphone OPPO bisa sampai ke tangan konsumen? Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan menyambangi pabrik dan melihat proses produksi smartphone OPPO.

Sampai di kawasan pabrik, pengunjung harus melewati beberapa lapis pengamanan. Layaknya masuk pabrik, baik pekerja maupun pengunjung diwajibkan menggunakan pakaian khusus disertai topi dan pelapis sepatu.

Pabrik Oppo di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Pengunjung akan masuk ke sebuah bilik untuk disemprot udara untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel di pakaian.

Ruang pertama yang dimasuki adalah ruang produksi motherboard. Jangan kaget, karena pemandangan seperti pabrik-pabrik pada umumnya, yang penuh pekerja-pekerja tidak akan dijumpai di pabrik OPPO Tiongkok.

Pabrik Oppo minim pekerja karena memaksimalkan penggunaan mesin. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Di ruangan ini hanya terlihat mesin-mesin berbaris rapi dengan beberapa pekerja yang sibuk mencatat laporan.

"Bedanya pabrik di China dan Indonesia itu, di China yang mengerjakan mesin, di Indonesia masih banyak pekerjanya," ujar PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto ketika mengunjungi pabrik OPPO, Kamis (25/10/2018).

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3676443/melihat-langsung-perakitan-smartphone-di-pabrik-oppo-tiongkok
Share:

0 Comments:

Post a Comment