Saturday, May 25, 2019

Skenario Mengurai Macet Saat Mudik Lebaran di Pantura dan Tol Pemalang

Selain itu, Kapolres Pemalang mengungkapkan gerbang transaksi keluar juga akan ditambah dengan memberlakukan sistem 3-1. Tiga gerbang transaksi untuk melayani kendaraan yang keluar tol dan satu gerbang transaksi untuk melayani kendaraan yang masuk tol.

Adapun di Jalur pantura, Polres Pemalang akan mengantisipasi kepadatan kendaraan akibat tingginya pemudik yang menggunakan sepeda motor dan tidak adanya pembatasan truk sumbu lebih dari tiga.

Untuk mengantisipasi potensi macet dan keamanan di jalur pantura, Polres Pemalang menyiapkan pos pelayanan di terminal induk Pemalang, Petarukan dan Comal.

“Untuk wilayah Comal dan Petarukan yang berpotensi macet, kita siagakan personil di pos pelayanan dan tim urai di pos pam exit tol Gandulan,” dia menjelaskan.

Kristanto mengakui, di wilayah Pemalang juga terdapat jalur sempit yang berpotensi macet. Sebab itu, Polres menyiapkan pos pelayanan di Kecamatan Randudongkal dan tim urai yang fokus mengurai kepadatan lalu lintas di jalur selatan.

Pos pelayanan didirikan di Kecamatan Randudongkal. Sebab wilayah ini berada di titik tengah sepanjang jalur selatan dari Kota Pemalang hingga perbatasan Kabupaten Purbalingga.

“30 personil tim urai akan fokus mengurai kepadatan lalu lintas karena ruas jalur selatan kondisinya sempit dan hanya memiliki dua jalur arah berlawanan,” dia menerangkan.

Terkait gangguan alam yang dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas, Kristanto mengklaim Polres telah telah berkoordinasi dengan BPBD Pemalang. Gangguan itu bisa berupa pohon tumbang atau bencana alam lainnya.

“Bila terjadi gangguan alam seperti pohon tumbang, diharapkan Muspika setempat bersama BPBD akan melakukan deteksi dan penanganan cepat,” ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Awas, Jalan Brebes-Purwokerto Sempit dan Rawan Macet pada Mudik Lebaran 2018

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/regional/read/3975375/skenario-mengurai-macet-saat-mudik-lebaran-di-pantura-dan-tol-pemalang
Share:

0 Comments:

Post a Comment