Saturday, November 24, 2018

Menteri Susi Ingin Konsumsi Ikan di RI Bisa Samai Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Ke-5 yang jatuh pada 21 November 2018 lalu, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar soft launching kampanye program pemerintah bertajuk Seafood Lovers Milennial (Sealovemi) yang mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan.

Acara tersebut dihadiri oleh masyarakat yang tengah menikmati CFD (Car Free Day) di Plaza Timur Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dalam acara ini, KKP menyediakan 2.000 nasi kotak gratis dengan menu ikan.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengimbau masyarakat untuk mengerti pentingnya memakan ikan.

"Jadi kita ingin manusia-manusia Indonesia mulai makan ikan untuk mencapai pertumbuhan konsumsi ikan Indonesia ini sama dengan Jepang. Jepang nih sudah 80 kilogram (per-kapita per-tahun), sementara Indonesia tahun kemarin 46 kilogram, tahun ini ingin target 50 kilogram," ucap Susi di GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Susi mengakui, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang baru mengonsumsi sekitar 9 sampai 15 kilogram ikan perkapita per tahun.

Menurut Susi, stunting atau cacat pertumbuhan masih menjadi salah satu masalah utama karena kurangnya konsumsi ikan di masyarakat. Indonesia sendiri menduduki posisi kedua tertinggi untuk level stunting.

"Di beberapa wilayah seperti Jateng dan Jatim bahkan kita penetrasi khusus masuk ke pesantren-pesantren karena itu wilayah-wilayah yang sangat rendah konsumsi ikannya," tutur Susi.

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3734472/menteri-susi-ingin-konsumsi-ikan-di-ri-bisa-samai-jepang
Share:

0 Comments:

Post a Comment