Saturday, August 25, 2018

Tim Ekspedisi Papua Terang Hadapi Medan Berat hingga Kena Palak

Liputan6.com, Jayapura - Tim  Ekspedisi Papua Terang telah melakukan survei pada 419 desa di Papua. Tim tersebut bergerak ke pelosok-pelosok dalam rangka penyediaan data.

Hasil ini akan dijadikan acuan, untuk  membangun kelistrikan di wilayah tersebut. Menjadi relawan pun tidak mudah. Lantaran, kondisi medan Papua yang beragam, membuat tim harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk survei di desa-desa. Selain gangguan alam, tim tersebut juga kerap mendapat gangguan sosial.

‎Salah seorang relawan Posko Nabire, Mahendra mengaku, sempat mendapat ancaman dari sekelompok orang tak dikenal. Saat menjalankan tugas survei di pelosok Papua.

‎"Hal tersebut tidak jadi hambatan bagi kami untuk terus menerangi Papua," kata Mahendra, di Jayapura, Papua, dikutip Sabtu (25/8/2018).

Rizki A Santoso relawan yang juga mahasiswa Sepuluh Nopember Surabaya‎ (ITS) mengungkapkan, dirinya bersama tim yang terdiri dari empat sampai lima orang kerap menghadapi medan yang sulit, untuk menemui warga dan melakukan survei untuk menentukan energi yang tepat di wilayah Wamena, yang memiliki kontur pegunungan.

Rizki melanjutkan, selain kondisi alam yang menjadi tantangan, keamanan juga menjadi hambatan. Dirinya dan rombongan sempat ‎menjadi sasaran serangan orang  tidak dikenal dimintai uang, beruntung kelompok tersebut mendapat pengawalan TNI.

Dia melanjutkan, selain timnya tim yang melakukan survei di Distrik Lani Jaya, juga sempat mendapat dorongan senjata dan merampas barang-barang.

"Kami kalau masalah jauh mulai terbiasa, mungkin agak was was di Wamena anarkis, ditim  Wamena ada yang dipalak, tim saya didatangi‎ pemuda  minta uang. Tapi karena ada TNI bisa ditangani," ujar dia.

Rizki menjelaskan, dirinya bersama tim telah berhasil melakukan survei pada sekitar 90 desa. Survei dilakukan untuk mengetahui potensi energi yang cocok untuk melistriki desa yang belum dapatkan listrik. Kemudian data tersebut akan akan dilaporkan ke PLN untuk ditindak lanjuti.

"‎Kami buat gambar potensi pembangkit. Kami buat pemetaan jarak dari jaringan juga. Kami gunakan aplikasi," ujar dia.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3628030/tim-ekspedisi-papua-terang-hadapi-medan-berat-hingga-kena-palak
Share:

0 Comments:

Post a Comment