Saturday, August 25, 2018

Ketahui 3 Kondisi yang Bikin Anak Mengamuk

Liputan6.com, Jakarta Anak usia dua tahun kerap mengamuk tak terkendali atau tantrum. Menurut studi sekitar 60-90 persen anak 2-4 tahun tantrum.

Puncak anak mengamuk tak terkendali ketika 2,5 hingga 3 tahun. Saat usia 5, tantrum akan berkurang karena mereka sudah bisa mengenali emosinya dan menyampaikannya dengan baik.

Ada banyak hal yang bisa memicu tantrum. Banyak orangtua yang mengira hal tersebut dipicu karena sikap disiplin atau pelarangan dari orangtua. Tapi pencetusnya lebih kompleks dari hal tersebut. Berikut tiga pemicu tantrum yang sering terjadi seperti mengutip Simple Most.

1. Kelelahan atau mengantuk

Anak 2 hingga 4 tahun tak tahu kalau ia lelah dan mengantuk artinya harus beristirahat. Sehingga saat diajak bermain, makan atau hal lain, bukan merespons dengan baik anak malah menangis dan tantrum.

Sebaiknya orangtua peka dengan kondisi fisik anak. Jika dirasa ia sudah lelah dan butuh istirahat, segara ajak untuk tidur siang.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Saksikan juga video berikut ini:

Untuk memanfaatkan waktu yang sempit, orangtua perlu menemukan kegiatan yang membangun kedekatan emosional dengan anak.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3627572/ketahui-3-kondisi-yang-bikin-anak-mengamuk
Share:

0 Comments:

Post a Comment